Pengadilan Banding AS Tetap Tangguhkan Kebijakan Imigrasi Trump

Pengadilan Banding AS Tetap Tangguhkan Kebijakan Imigrasi Trump

Pengadilan Banding AS Tetap Tangguhkan Kebijakan Imigrasi Trump

San Francisco – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengalami kekalahan hukum untuk memberlakukan kembali kebijakan imigrasinya. Pengadilan banding federal AS menolak banding yang diajukan pemerintahan Trump terkait penangguhan kebijakan itu.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (10/2/2017), tiga hakim pengadilan banding federal AS atau 9th US Circuit Court of Appeals di San Francisco, secara bulat menyatakan pemerintahan Trump gagal membuktikan bahwa kekhawatiran keamanan nasional pantas menjadi pembenaran untuk kebijakan itu.

“Kami beranggapan bahwa pemerintah tidak bisa menunjukkan argumen untuk mendukung permohonan bandingnya, pemerintah juga gagal memberikan argumen bahwa penangguhan itu menyebabkan bahaya yang tidak dapat diperbaiki,” demikian putusan tiga hakim pengadilan banding federal AS setebal 29 halaman, yang dijatuhkan Kamis (9/2) waktu setempat.

Putusan banding ini terkait dengan putusan hakim federal di Washington, pekan lalu, yang menangguhkan kebijakan Trump untuk sementara secara nasional. Atau dengan kata lain, putusan banding ini memperkuat putusan hakim federal James Robart di Washington.

Dalam gugatan di Washington, otoritas dua negara bagian, yakni Washington dan Minnesota, menantang kebijakan Trump dengan argumen kebijakan itu melanggar Konsitusi AS yang mengatur perlindungan dari diskriminasi agama.

HALAMAN SELANJUTNYA >>

Tags: #trump

Leave a reply "Pengadilan Banding AS Tetap Tangguhkan Kebijakan Imigrasi Trump"

Must read×

Top