Ramai-ramai PNS DKI puji sosok Sumarsono contoh pemimpin terbaik

Ramai-ramai PNS DKI puji sosok Sumarsono contoh pemimpin terbaik

Ramai-ramai PNS DKI puji sosok Sumarsono contoh pemimpin terbaik

Masa kampanye Pilgub DKI Jakarta segera usai. Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat akan kembali ke jabatannya sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Tiga bulan terakhir, mereka cuti karena mengikuti kampanye Pilgub DKI. Mengisi kekosongan keduanya, ditempatkan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Sumarsono.

Sekembalinya Ahok, sapaan Basuki, dan Djarot ke Balai Kota, maka tugas Sumarsono sebagai plt juga selesai. Dia akan melanjutkan tugasnya di Kemendagri.

Meski tiga bulan memimpin DKI, rupanya sosok Sumarsono punya tempat tersendiri di hati PNS. Selesainya masa tugas Sumarsono, membuat sebagian PNS DKI Jakarta kehilangan.

Sumarsono yang semula diragukan ternyata begitu cekatan. Bahkan, di mata sejumlah pejabat DKI, Sumarsono pemimpin tegas namun tetap bersahabat.

Sebelum masa jabatannya selesai, Sumarsono melakukan kunjungan ke kantor wali kota. Dia ingin memastikan apa yang dilakukannya selama tiga bulan terakhir berjalan dengan baik.

Bertemu dengan Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi,Sumarsono lantas mendapat pujian.

“Intinya kita 3,5 bulan di bawah Sumarsono, ada motivasi kerja yang tinggi, banyak pekerjaan-pekerjaan yang tertunda beliau masuk kita kerjakan bersama sama. Jadi memang membawa semangat kita,” kata Tri.

Tri menambahkan, saat ini banyak masalah yang belum selesai di Ibu Kota. Namun, beberapa di antaranya mampu diselesaikan di bawah kepemimpinan Sumarsono.

“Sementara ini memang banyak masalah belum selesai, tapi di bawah beliau 3,5 bulan banyak masalah yang sudah diselesaikan dan itu Alhamdulillah. Contoh MRT (Mass Rapid Trans) yang waktu itu jadi masalah sekarang sudah selesai,” ujar Tri.

“Mudah mudahan silaturahmi ini tidak terputus karena beliau sudah menjadi Dirjen Otda lagi tapi tidak secara pribadi mungkin juga kita bisa ketemu beliau nanti di kantornya kalau ada hal yang perlu kita sampaikan atau kita tanyakan,” harap Tri.

Rasa kagum pada sosok dan kinerja Sumarsono juga tertuang dalam puisi yang dibacakan Kepala BKD, Agus Suradika. Puisi itu dia sampaikan saat acara deklarasi netralitas PNS DKI jelang pilkada.

Puisi tersebut berjudul ‘Aku Dibikin Malu’ dan dibacakan di hadapan puluhan ribu pegawai pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

…Sosok ini, begitu banyak pengalamannya,
Dalam penghayatannya, peduli, santun, berani, tanggung jawab, humoris, pandai lobi dan komunikasi serta banyak gagasan briliannya.

APBD tepat waktu,
sebelum ayam berkokok, APBD sudah ketok palu.
OPD baru selesai,
Penempatan pejabat, berjalan mulus..

…Bang Husni Thamrin pahlawan Jakarta
Bung Tomo gagah berani
Walau hanya tiga bulan memimpin Jakarta, Sungguh berkesan kepemimpinan Bang Soni.

Terima kasih Bang Soni, atas tiga bulan kebersamaan yang telah diberikan…

Sesuai jadwal, Sumarsono dan Ahok akan melakukan serah terima jabatan pada Sabtu (11/2). Dalam acara itu, Sumarsono akan menyerahkan buku catatan kinerjanya selama tiga bulan lebih di Balai Kota.

Sumarsono menyebut tugas pokoknya sebagai Plt Gubernur sudah terpenuhi. Meski begitu dia menyesal karena tidak bisa menjaga Ibu Kota sampai hari H pencoblosan Pilgub DKI.

“Lima tugas pokok saya sudah sempurna 90 persen yang kurang 10 persen adalah hari H pilkada. Saya berakhir (masa jabatan) tanggal 11 Februari sehingga tidak mengantarkan di ujung pada saat hari H Pilkada,” kata Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

Lima tugas pokoknya yang diklaim berhasil dijalankan adalah, pertama, memastikan seluruh pemerintahan DKI Jakarta berjalan baik. Kedua, ketentraman dan ketertiban umum terjaga.

“Ketika persoalan aksi-aksi muncul toh semua terkendali dan tidak ada persoalan keamanan dan kerawanan yang sangat signifikan mengenai Jakarta,” terang Sumarsono.

Tugas ketiga, persiapan pelaksanaan Pilkada DKI sudah 95 persen. Keempat, APBD diselesaikan sebelum 2017. Kelima, melaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai PP 18 tahun 2016. “Amanah sudah saya laksanakan,” tegasnya.

Dia tetap senang karena bisa mengakhiri dan meninggalkan Jakarta dalam kondisi kondusif.

“Seluruh tugas sudah saya laksanakan dengan baik termasuk persiapan Pilkada,” tutup Sumarsono.

Sumber: https://www.merdeka.com/jakarta/ramai-ramai-pns-dki-puji-sosok-sumarsono-contoh-pemimpin-terbaik.html

HALAMAN SELANJUTNYA >>

Tags: #Jakarta #PNS DKI Jakarta

Leave a reply "Ramai-ramai PNS DKI puji sosok Sumarsono contoh pemimpin terbaik"

Must read×

Top